Sabtu, 13 November 2010

Argue On Feminine

wanita dan hidupnya yang simple.
wanita dan mimpinya yang sederhana: Mimpi bertemu pangeran tampan, berdandan seolah hanya fisik yang mereka punya, akhirnya menikah, punya keluarga, jadi ibu rumah tangga, titik.
what a dream?! It's not even a dream.

lebaran 2010 kemarin waktu gw pulang kampung, seperti biasa orang tua gw selalu membiasakan keluarganya untuk silaturahmi ngelilingin satu RT buat salam2an sejenis silaturahmi tapi durasinya lebih pendek. Mungkin sekalian juga ajang buat ngingetin ke tetangga2nya kalo anak gadisnya ini dikirim ke Jawa buat sekolah bukan dijadiin TKW. hahha. abis baru 2tahun gak balik aja udah diheran2in ama warga se RT!

satu kejadian yang cukup bikin gw syok adalah ketika bersilahturahmi dirumah salah satu tetangga gw. Keluarga ini punya 2 anak gadis, yang paling gede seumuran gw pernah satu SMP dulu dan yang kedua seumuran adek gw setahun lebih muda. awalnya gw denger dy udah nikah dan punya anak tapi berita secara audiovisual itu efeknya emang beda kalo lihat secara langsung. begitu lihat temen gw ini dalam keadaan tergopoh2 menggendong anaknya bikin gw syok, bukan cuman sampe disitu tiba2 ada suara adeknya dari belakang manggil nama gw, begitu gw noleh nampak adiknya ini sedang menggendong anak juga yang kelihatan semuran dengan anak kakaknya. dalam hati gw udah tau apa yang terjadi didepan gw, tapi tetep aja gw nanya "Anak siapa nih Rin?" dan dengan cepatnya dy jawab "anak gw dooong!" Gw cuman bisa senyum bego sambil main2in tangan anaknya. dari arah belakang muncul seorang laki2 tanggung sambil membawa sepasang sepatu untuk makhluk mungil mereka. Ririn ngenalin dy sebagai suaminya yang belakangan gw ketahui masih merupakan mahasiswa semester 5 di sebuah universitas.

Gw ngeliat mereka sambil tersenyum tapi otak gw berpikir, di usia mereka yang baru menginjak kepala 2, mereka sebenernya tau gak sih ama apa yang mereka lakukan?!
gw gak ngomong sompral atau apa. Tapi di umur 20an?! banyak banget yang harus dikejar, harapan, cita2. kayaknya mata kita tuh baru kebuka diumur ini. Klo menurut gw umur2 sebelumnya masih didominasi oleh kenaifan, kelabilan, dan segala sesuatu yang sifatnya jangka pendek.



Romance never be my thing.
Buat gw romantisme itu hanya hidup dihayalan. Gak percaya? kamu pikir kenapa film2 kayak Twilight saga, notebook, de el el itu laku dipasaran? orang2 rela antri beli novel2 picisan karangan Stepnenie Meyer itu dengan alasan yang sama ketika mereka antri beli novel Harry Potter karya J.K. Rowling. Kedua novel itu sama, sama2 menyajikan fiksi yang tidak dapat kita temui di dunia nyata. Klo emang romatisme itu ada dikehidupan nyata, novel2 ini gak akan laku dipasaran, gak ada yang rela antri bioskop cuman buat liatin Edward Cullen ciuman ama Isabela Swan.

gw inget dulu ketika awal2 mulai bersentuhan dengan dunia 'Cinta Monyet'. masa dimana temen2 cewek gw lagi centil2nya saling memanggil pacarnya Ayah-Bunda, kayak mereka udah pasti bakal merit aja. Hebohnya lagi nih klo ada yang dikasih cincin ama pacarnya, wah gila seharian bisa ngomongin pacarnya mulu, ngomongin nikahannya bakal gimana, digedung mewahlah, dekornya serba putih lengkap dengan bunga2, bulan madu kemana, pengen punya anak berapa, tetek bengek yang cuman nunjukin betapa simplenya hidup yang mereka inginkan. Sementara gw, gw mikirin akan kuliah dimana, mau keliling dunia dulu, pengen punya jabatan apa. Yah gak muna sih, sempet juga gw berpikir ke arah itu, tapi lebih kek ‘apa yang harus gw dapet atau lakukan sebelum gw bersedia masuk dalam sebuah komitmen jangka panjang’.

Beberapa dari cewek yang men-share mimpi tentang pernikahan impian mereka kepada gw itu akhirnya memang ada beberapa yang sekarang udah merit. Tapi pernikahannya lebih dikarenakan faktor 'kecelakanaan', yang ujung2nya acara nikahannya dilakukan secara sederhana dan tertutup. Bayangan akan pernikahan impian yang dulu sempet diceritain ke gw pun bahkan seperti tidak pernah terhembus ditutupi oleh rasa malu dan kenyataan 'tidak ada pilihan lain lagi' selain cepat2 dinikahi sebelum brojol.

Bayangin, mereka ngorbanin mimpi mereka mendapatkan impian mereka hanya untuk sebuah kehidupan sederhana, menjadi ibu muda, ngurusin suami dan bereproduksi. Gw gak mengunderestimate wanita-wanita seperti ini. Gw sangat menghormati wanita, wanita dengan sisi lembutnya, kelemahannya ketika dihadapkan dengan maskulinitas, dan kompleksitasnya. Bahkan gw pernah mutusin cowok yang udah gw pacarin lama karena menurut gw dy gak ngehormatin cewek lain (apasihcurcol).

Gw baru buat paper NGO soal pemberdayaan wanita. Disitu gw menjelaskan mengapa perlu ada organisasi yag berdiri dipihak wanita dan kenapa mereka harus dibela. Salah satu yang menurut gw memang menjadi kelemahan dari pemberdayaan wanita adalah karena mereka sendiri memberika ruang dan kesepatan untuk diperdaya. Ini udah biasa dibudaya semua negara didunia. Di Indonesia dimana wanita sudah dikodratkan untuk berakhir didapur, laki2 lebih diprioritaskan untuk mendapatkan pendidikan dan fasilitas lain. Di India, wanita yang janda harus mencukur habis rambutnya dan memberika rambut tersebut kepada kuil yang kemudian dieksport ke Amerika untuk dijadiin hair ekstension atau wig (India adalah pengeksport rambut terbesar didunia) dengan harga tinggi, sementara mereka hidup dari meminta2 dari satu rumah ke rumah lain. Di Afrika, wanita harus berjalan 10 KM bolak balik melintasi gurun untuk mengambil air bersih bergalon2 sementara kaum laki2 bercengkrama, terkadang mereka diperkosa atau dibunuh oleh suku lain di tengah perjalanan, sampai2 PBB membuat satu tim khusus demi mengawal wanita2 ini mencari air. Sayangnya, sekeras apapun pasukan paling kuat di dunia berusaha menjaga wanita2 ini, tidak akan ada gunanya apabila mereka sendiri memberikan kesempatan untuk deperdaya dan digunakan semena-mena.

Yang lucu, gw punya beberapa temen model. gw sempat iseng gitu nanya ke mereka. "setuju gak sih lo kalo ada orang2 yang beranggapan kalo model cantik itu gak punya otak?" dan jawaban yang dia kasih "Gw punya otak kok, gw hanya gak perlu menggunakannya". Jackpot!

sejujurnya, Life is quiet easy for those who have such a beauty appearance. Klo penyihir butuh tongkat sihir dan mantra ajaib, maka cewek punya senyum menawan dan kata2 manis buat mendapatkan apapun yang dy inginkan. Tapi masa sih cewek2 ini seneng setiap dy cerita "Eh gw berhasil ketrima disini loh" atau "Gw dapet kontrak dari perusahaan ini loh padahal kata orang2 PR nya jutek banget" trus dapet tanggapan kayak gini dari orang yang lu ajak ngomong "yaiyalah, lu kan cantik dy pasti suka ama lu". gak enak kan...
Yang pengen didenger itu adalah bahwa emang si wanita ini berhak ngedapetin itu karena emang dy capable dalam bidangnya, bukan karena tampilan fisiknya doang.

Women is something behind their look.

2 komentar:

  1. berarti yang nikah ama km bisa jadi bapa rumah tangga li .. hha

    BalasHapus
  2. hhahahha bisa jadi Gum...untung kamu ditolak yah, klo gak nasib kamu bisa jadi begini juga.

    BalasHapus